Anda Harus Tahu, Inilah Ciri-Ciri AC Kurang Freon Yang Sering Terjadi

Apa ciri-ciri AC kurang freon atau habis ? Bagi pengguna mesin air conditioner yang masih awam, kadang tidak menyadari bahwa AC yang dia gunakan ternyata tekanan freon nya kurang atau malah habis.

Seperti yang kita ketahui bersama, mesin pendingin khususnya Air Conditioner untuk dapat bekerja mendingin ruangan membutuhkan bahan yaitu refrigerant atau yang sering kita serbut freon.

Freon tersebut berbentuk gas, dimana dapat berkurang atau habis jika saja kita tidak benar-benar teliti dalam melakukan peninstalan AC. Misalnya saja kita tidak menyambung pipa dengan sempurna, sehingga mengakibatkan AC mengalami bocor freon.

Jika ada sambungan pipa yang bocor, tentu tekanan freon tersebut lama kelamaan akan berkurang atau bahkan habis. dan bila sudah seperti itu, kita harus melakukan pengecekan atau mencari kebocoran freon tersebut.

[ Baca: Penyebab dan Cara Mencari Kebocoran Freon pada AC dengan Mudah ]

Kalau menurut saya, freon AC itu bisa diibaratkan tekanan angin pada sebuah ban mobil. Contoh, jika kita memompa atau memberi tekanan angin pada sebuah ban mobil, pasti lama – lama tekanan angin pada ban mobil tersebut akan berkurang, bukan ?

…lain lagi jika sampai habis pada tekanan NOL PSI, udah pasti ban tersebut bocor.

Nah, ini juga sama terjadi pada freon AC. Jadi, kalau berkurang dan kurangnya itu tidak terlalu banyak itu hal yang wajar, karena freon itu bebentuk gas dan AC Split pada menggunakan sambungan pipa seperti nepel.

Namun jika sampai habis, sudah bisa dipastikan ada yang bocor entah di bagian pipa instalasi atau bagian unit AC nya langsung.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengetahui tekanan freon AC berkurang atau tidak, salah satunya bisa menggunakan alat yaitu gauge manifold untuk cek tekanan.

…Akan tetapi tidak semua orang memiliki alat tersebut, oleh karena itu melalui tulisan singkat ini saya ingin beberbagi tentang ciri – ciri freon AC kurang. Apa saja ciri-cirinya, silahkan simak beberapa diantaranya berikut ini.

Ciri-ciri AC Kurang Freon / Habis Yang Harus Anda Ketahui

#1. Terjadi pembekuan / terdapat bunga es pada bagian pipa

Jika AC anda tiba-tiba tidak dingin, kemudian anda lihat dibagian pipa kecil terdapat pembekuan bunga es, bisa jadi AC tersebut kekurangan gas freon. Jika seperti itu, tentu akan mengakibatkan AC menjadi kurang dingin atau bahkan tidak dingin.

Lain halnya jika hal ini terjadi pada kulkas, jika pada kulkas terdapat bunga es itu artinya kulkas tersebut bagus. Biasanya hal sering terjadi dan sering terlihat pada kulkas 1 pintu, yang mana evaporatornya ada di luar dan kelihatan.

[ Punya rencana mau beli kulkas ? Baca: Perbandingan Kulkas 1 Pintu dan Kulkas 2 Pintu agar tidak salah pilih ]

Namun hal tersebut juga belum tentu tekanan freon nya kurang, pipa AC terdapat bunga es juga bisa disebabkan karena kipas fan pada indoor unit tidak berputar. Oleh sebab itu, cara paling efektif untuk mengetahuinya harus melakukan pengecekan langsung menggunakan manifold.

#2. AC menjadi kurang dingin di banding beberapa hari sebelumnya

Jika beberapa hari sebelumnya AC di tempat anda terasa sangat dingin, namun akhir-akhir ini tidak begitu dingin padahal anda menggunakan suhu temperatur yang paling rendah, bisa juga tekanan freon AC anda kurang.

Jika seperti itu ada baiknya anda segera memanggil teknisi langganan anda untuk melakukan pemeriksaan. Sehingga, jika terjadi masalah pada anda segera bisa ketahuan dan tentunya untuk menghindari kerusakan yang lebih fatal.

Selain itu, malakukan service perawatan rutin juga dapat menjaga performa AC anda, dan jika terjadi kekurangan freon bisa segera diketahui dan di tambah. Sehingga, diharapkan AC anda tidak terjadi kekurangan freon.

[ Baca: Alasan Kenapa AC Anda Harus dilakukan Service Berkala Padahal Masih Dingin ]

#3. AC sering mangalami mati hidup sendiri, terutama pada bagian outdoor unit

Memang ada beberapa merk AC tertentu jika tekanan freon nya kurang akan mengalami sering mati hidup sendiri, khususnya di bagian outdoor unit. Nah, jika hal tersebut terjadi pada AC anda, bisa jadi tekanan gas freon AC anda berkurang.

Tidak ada salahnya jika anda segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Anda juga bisa meminta bantuan teknisi yang sudah anda percaya untuk melakukan pemeriksaan jika anda sendiri tidak bisa melakukannya.

[ Baca: Cara Mengatasi AC yang Sering Mati Hidup Sendiri Paling Jitu ]

#4. AC mengalami bocor netes air di bagian indoor

AC yang bocor netes air di bagian indoor juga bisa karena kekurangan tekanan freon. Alasannya, karena terjadi pengumpalan es pada bagian evaporator, sehingga gumpalan es tersebut menutup saluran pembuangan.

..akibatnya, air tidak dapat mengalir pada saluran pembuangan dengan sempurna, sehingga meluber dan mengakibatkan AC bocor.

Nah, di atas sudah saya jelaskan beberapa ciri-ciri AC kurang freon, semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu anda dan menambah pengetahuan pembaca mengenai permasalahan yang ada pada mesin pendingin.

Jika anda mempunyai masalah yang berkaitan dengan AC kurang freon atau ingin menambahkan, silahkan tulis pada kolom komentar di bawah. Saya akan senang hati membantu dan menjawab pertanyaan anda. Salam ( RH/JT )

2 Comments

  1. Febri
  2. Ras Tafari

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.