Fungsi Motor Drain Otomatis Pembuangan Pada Mesin Cuci

Fungsi Motor Drain Pada Mesin Cuci – Tentu anda sudah tidak asing lagi dengan alat elektronik rumah tangga yang satu ini. Dimana pada perangkat tersebut terdapat beberapa komponen yang bekerja secara otomatis. Dan dari semua komponen yang ada memiliki tugas masing – masing sebagaimana kegunaannya.

Dalam proses mengisi dan membuang air komponennya pun berbeda. Seperti misalnya selenoid bertugas mengatur masuknya air ke dalam tabung. Sedangkan kebaliknya, motor drain untuk membuang air. ( Baca juga : Fungsi Selenoid Water Inlet Valve Pada Mesin Cuci )

Motor drain adalah sebuah alat yang mengatur pembuangan air pada mesin cuci. Pada motor drain tersebut terdapat kumparan magnet atau dinamo kecil dan semacam tali rem sepeda motor. Tali ini berguna untuk menghubungkan motor drain dengan sil atau klep penutup selang pembuangan.

Prinsip Kerja Motor Drain Pada Mesin Cuci 1 Tabung

Cara kerja motor drain itu sendiri yaitu pada saat motor drain mendapat arus listrik kumparan magnet menjadi berputar, sehingga tali akan menarik sil atau klep penutup. Dengan begitu, maka selang pembuangan menjadi terbuka kemudian air di dalam tabung pun akan mengalir keluar.

..Dan setelah arus listrik tersebut terputus, maka motor drain akan berhenti dan klep kembali menutup saluran pembuangan.

Jadi, fungsi motor drain pada mesin cuci untuk membuka dan menutup saluran pembuangan air dengan sistem otomatis. Kapan waktunya dia bekerja telah di atur oleh PCB Modul pada program mesin cuci tersebut.

Type mesin cuci yang menggunakan motor drain yaitu mesin cuci type 1 tabung, baik yang top atau front loading. Sedangkan untuk model 2 tabung tidak memakai motor drain, melainkan dia masih menerapkan cara manual.

..Jadi, untuk mesin cuci 2 tabung jika proses mencuci telah selesai, kita harus memutar knop guna untuk membuka klep atau sil tutup saluran air.

Peran dari motor drain di sini sangat penting, karena jika alat ini mati bisa menimbulkan masalah atau proses mencuci tidak dapat terjadi. Salah satu masalah akibat dari motor drain rusak yaitu mesin cuci tidak bisa spin.

Artinya ketika mesin cuci telah selesai melakukan proses mencuci tidak bisa lanjut ke proses membuang air. Sehingga proses spin atau mengeringkan pun tak dapat dilakukan. Oleh sebab itu fungsi motor drain pada mesin cuci bisa dikatakan sangat vital.

Masih dalam kerusakan yang sama, yaitu motor drain tidak mampu menutup klep pembuangan. Sehingga air selalu bocor keluar dengan jumlah yang banyak dan waktu yang sangat singkat. Jadi, ini merupakan kebalikan dari masalah yang pertama tadi.

Kalau mesin cuci anda sedang mengalami masalah dengan ciri ciri di atas, maka langkah pertama yang Anda lakukan yaitu mengecek motor drain tersebut. ( baca juga : Cara Memeriksa Motor Drain Pembuangan Air Pada Mesin Cuci ).

Di atas sudah saya jelaskan pengertian dan fungsi motor drain pada mesin cuci. Beberapa yang perlu kita ingat yaitu motor drain memiliki fungsi penting dalam program mesin cuci. Satu hal lagi, komponen ini hanya akan kita jumpai pada mesin cuci model 1 tabung baik yang bukaan depan maupun bukaaan atas.

Semoga bermanfaat, dan jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan sampaikan melalui komentar di bawah. Terima kasih. (rh/jt)

10 Comments

  1. leny
  2. Paiman
  3. irwan
    • Rudhi Hadhi
  4. Prajna
    • Rudhi Hadhi
  5. djunaidi
    • Rudhi Hadhi
  6. sutaryono
    • Akrie

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.