Tips Merawat AC Rumah Agar Tidak Cepat Rusak Paling Ampuh

Tips Merawat AC Agar Tidak Cepat Rusak dan Selalu Tetap Dingin – Suhu udara panas memungkin kita untuk menginstallasi sebuah pendingin udara. Dalam hal ini tentunya yang dimaksud adalah mesin Air Conditioner.

Walaupun sebenarnya kita bisa menggunakan kipas angin untuk meringankan suhu udara panas tersebut, namun kemampuannya masih sangat terbatas.

Beda dengan AC, dimana dia bisa mengkondisikan suhu ruangan menjadi suhu yang lebih rendah. Dengan begitu, udara sejuk pun dapat kita rasakan dan tentunya ini menambah kenyamanan kita dalam melakukan aktifitas di dalam ruangan.

Tentu hal tersebut tidak akan terjadi jika ternyata AC yang kita meliki dalam kondisi yang rusak. Oleh sebab itu perlu kita lakukan beberapa tips untuk merawat AC supaya tetap dingin dan awet.

Apabila anda berniat untuk melakukannya, maka saya sarankan untuk mengikuti tips merawat AC agar selalu menghasilkan dingin yang maksimal berikut ini.

1. Lakukan Pembersihan Filter Udara di Bagian Indoor

Tips pertama yang bisa anda lakukan dalam merawat AC adalah membersihkan filter saringan udara dari AC tersebut. Filter ini letaknya di bagian indoor atau AC bagian dalam. Silahkan buka cover indoor tersebut, maka anda akan menemukan sepasang filter udara.

Setelah itu silahkan ambil fiter tersebut, kemudian anda cuci dengan air bersih. Anda bisa menggunakan sabun untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Lakukan tips ini setiap 2 minggu sekali, maka udara pun akan menjadi lebih bersih dan dingin AC akan selalu maksimal.

2. Tutup Pintu, Jendela dan Ventilasi Udara Saat AC dinyalakan

AC khusus digunakan untuk ruangan tertutup, sehingga usahakan untuk menutup semua pintu atau jendela ketika AC dinyalakan. Dengan begitu, dingin dari AC akan terfokus pada ruangan tersebut, sehingga waktu yang dibutuhkan mesin kompresor untuk mengkondisikan ruangan tidak terlalu lama.

Tentunya ini juga dapat meringankan tugas mesin kompresor, yang artinya AC akan menjadi lebih awet dan mencegah kerusakan lebih dini.

3. Melakukan Service Perawatan Secara Rutin

Mencuci AC baik yang bagian dalam atau luar adalah sebuah keseharusan sebagai pengguna AC. Karena ini merupakan tips merawat AC yang paling sering dianjurkan oleh pabrikan pembuat AC mana pun. ( Baca juga : Alasan Kenapa AC Harus dibersihkan Walaupun Masih Dingin )

Dalam hal ini, anda bisa melakukannya sendiri jika anda memiliki keahlian dibidang service AC. Kalau pun tidak, silahkan minta bantuan penyedia jasa service AC yang terpercaya di tempat anda tinggal. Membersihkan AC setidaknya dilakukan dalam waktu 3 bulan sekali, sehingga kinerja AC akan selalu terkontrol.

4. Hindari Merokok di Ruangan Yang Menggunakan AC

Asap dari rokok dapat membuat AC lebih cepat kotor, dan manjadikan warna cover indor berubah dari aslinya. Tentunya ini dapat menganggu pemandangan yang tadinya bersih menjadi sedikit dekil.

Lebih parahnya lagi nikotin yang terkandung dalam asap rokok tersebut bisa mengendap pada evaporator. Sehingga udara pun menjadi pengap dan dingin yang dihasikan AC menjadi kurang maksimal. Oleh sebab itu hindarilah merokok di ruangan ber-AC karena ini bagian dari tips merawat AC.

5. Lakukan Pengecekan Tekanan Freon Setiap Enam Bulan Sekali

 

cek tekanan freon

Gas freon merupakan bahan pendukung yang menentukan dingin atau tidaknya sebuah mesin pendingin. Jika saja terjadi kebocoran, maka tekanan freon dapat berkurang dari semula anda menginstal AC.

Hal ini bisa saja terjadi entah mungkin karena ada kebocoran halus, sehingga sulit untuk di deteksi. Maka lakukan pengecekan tekanan freon minimal 6 bulan sekali. Karena jika tekanan freon tersebut kurang mengakibatkan AC kurang dingin. Dan pada merk AC tertentu juga bisa menyebabkan AC mati hidup. ( Baca juga : Penyebab AC Tiba – Tiba Mati Hidup Sendiri )

6. Jangan Mengatur Suhu Temperatur Terlalu Rendah atau Tinggi

Walaupun pada mesin Air Conditioner telah dilengkapi themise otomatis pengatur suhu. Sebaiknya anda juga menghindari mengatur suhu temperatur yang terlalu rendah atau tinggi. ( Baca : Kenali Ciri – Ciri Thermistor Pada AC Rusak )

Karena ini memungkinkan kompresor bekerja lebih lama, atau sebaliknya lebih cepat mati ( stundby ). Jadi, sebaiknya hindari hal tersebut jika ingin AC anda lebih awet dan tetap optimal untuk jangka panjang.

Saya rekomendasikan untuk mengatur suhu sekitar 20° celcius. Karena di suhu tersebut AC tidak akan mudah cepat mati atau terlalu lama bekerja. Anda juga boleh mengatur pada suhu terendah saat pertama AC dinyalakan, kemudian manaikan ke suhu 20° celcius jika ruangan sudah terasa dingin.

7. Sebaiknya Ketika Anda Sedang Bepergian AC dimatikan Saja

Apabila anda sedang bepergian jauh, misalnya keluar kota sebaiknya AC dimatikan. Tidak cukup mematikan AC melalui remote saja, namun harus di cabut dari powernya. Atau anda juga bisa menurunkan panel MCB yang dari PLN nya langsung.

Hal ini untuk menghindari jika sewaktu-waktu terjadi pemadaman listrik, kemudian mengakibatkan voltase tegangan listrik tidak stabil. Sehingga resiko AC terkena tegangan tinggi atau rendah pun dapat terhindarkan.

8. Hindari Lokasi Pemasangan Mesin Kompresor di Dalam Ruangan Yang Sempit

Pada bagian mesin kompresor tersebut terus mengeluarkan udara panas. Jadi jika lokasi unit outdoor berada di ruangan yang minim sirkulasi udara, maka dapat membuat ampere kompresor menjadi naik. Sehingga mesin akan mengalami overheat, yang bisa menyebabkan AC tidak dingin sama sekali.

Jadi sebaiknya pemasangan mesin kompresor di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang luas. Sehingga proses membuang hawa panas pun dapat dilakukan dengan maksimal. Sangat dianjurkan di taruh di luar ruangan yang artinya langsung ke udara bebas.

9. Manfaatkan Fitur Timer Dengan Baik

Memanfaatkan fitur timer juga bisa membuat AC bekerja secara tersesuai. Sehingga AC akan nyala dalam beberapa jam kedepan, atau akan nyala sendiri setiap jam tertentu. Hal ini juga dapat menghindari kemungkinan anda lupa mematikan AC, maka AC akan mati sendiri secara otomatis.

Namun terkadang ini juga dapat membuat anda bingung ketika anda lupa menonaktifkan fitur timer itu kembali. Yang mana AC manjadi mati hidup bersamaan lampu timer berkedip-kedip atau malah tidak bisa di remote.

Oleh sebab itu saya katakan gunakan fitur timer dari AC ini dengan sebaik mungkin. Dan jika anda tidak tahu cara mematikannya kembali, silahkan cabut stop kontaknya dan tunggu sekitar 5 menit, kemudian pasang kembali stop kontak tersebut.

..Dengan begitu, maka timer akan menjadi tidak aktif dan meriset seperti semula lagi. ( Jangan lupa baca : Penyebab AC Tidak Dapat dinyalakan atau dimatikan Dengan Remote )

10. Gunakan AC Sesuai Kemampuannya / Dalam Batas Normal

Maksudnya, jika kemampuan AC tersebut hanya mampu mendingin luas ruangan 3 x 4 meter persegi dengan jumlah orang di dalam 5 orang. Maka jangan paksaan untuk menggunakan ruangan tersebut lebih dari itu.

Karena dalam tubuh manusia itu terkandung suhu panas, jadi proses pendinginan AC sulit untuk mencapai suhu yang telah ditentukan. Alhasil kompresor menjadi kerja terus menerus tanpa adanya stundby atau istirahat.

Bagiamana, cukup mudah bukan cara membuat AC agar tetap dingin itu ?. Semoga tips merawat AC di atas bermanfaat untuk anda yang menginginkan mesin pendinginnya awet tahan lama dan tidak mudah cepat rusak.

Apabila artikel ini bisa membantu anda, silahkan bagikan juga ke teman-teman di sosial media anda. Sekian, terima kasih. (RH/JT)

2 Comments

  1. Suami Bijak
    • Rudhi Hadhi

Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.